Laman

Buah-buahan Baik Untuk Kesehatan

Banyak sekali buah-buahan yang kita kenal.Selain rasa manis,asam dan aroma sebagai ciri khas masing-masing,yang kadang sarinya digunakan sebagai pengharum aroma sirup Tapi tahukah Anda bahwa buah-buahan juga dapat menyembuhkan penyakit.

Apel
Kombinasi kandungan garam,mineral dan pektin dalam Apel,serta kandungan asam oksalik membentuk unsur unik yang memenuhi dinding usus dan melalui pergerakanya akan membebaskan kotoran yang mengendap pada usus besar.Kandungan zat Pektin juga mampu mengurangkan kolesterol dan triglyces yang menggangu fungsi jantung.

Alpukat
Kandungan kalori,lemak dan minyak yang tinggi didalamnya bukan saja menjadi sumber energy yang diperlukan pada saat berpuasa,tetapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot dan sendi.

Pisang
Isi/daging dari buah pisang yang halus dan lembut melapisi dinding perut dan usus sehingga lapisan tersebut menjadi lapisan anti radang.Pisang membantu mengatasi untuk mereka yang mengalamimasalah radang perut atau usus.Dianjurkan tidak di jus karena saat dikupas proses pembusukan menjadi cepat jadi kandungan yang ada dalam isi pisang cepat berubah atau berkurang.

Belewah
Kandungan beta-karotein,pro-vitamin A,magnesium,mangan,zink dan zat besi yang terdapat dalam Belewah dapat mengurangkan gangguan radang dan memulihkan luka radang pada jaringan usus.Gula alami dan enzim yang terkandung berfungsi sebagai peredam pada usus akibat makanan yang kurang halus saat dikunyah,terlalu banyak makanan yang berempah,obat-obatan atau mual karena depresi.

Jeruk
Sari pati dari Jeruk banyak mengandung Vitamin C yang sangat baik karena selain mengubah sistem kekebalan tubuh,juga menghilangkan lendir yang menyumbat di kerongkongan,rongga hidung,paru-paru,dan perut.Untuk mengurangi rasa demam pada anak-anak.Menghilangkan rasa sakit akibat flu.Campuran sari jeruk dan madu dapat mengurangkan rasa gatal pada tenggorokan.Juga dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

Delima
Di Iran dan Iran,jus Delima disimpan/dikumur dulu dalam mulut sebelum ditelan saat mereka minum.Ini bertujuan membersihkan mulut dan gigi serta mencegah infeksi yang menyebabkan bau mulut.Memakan dengan perlahan-lahan dan mengeluarkan bijinya dapat memulihkan suara yang serak dan kerongkongan yang kering.Kegunaan lain kandungan zat tanin dalam buah Delima dapat membius cacing Gelang,cacing Rambu, dan cacing Pita dalam usus sehingga mereka dapat dikeluarkan melalui buang air besar.Cara ini biasa dilakukan oleh pendukduk Mesir dan Vietnam.

Pepaya dan Mangga
Jus Pepaya dan Mangga mengandung Karbohidrat dan Enzim yang tinggi.Jus ini berguna dalam pemulihan radang atau pembengkakan,gangguan pencernaan dan demam.Jus Mangga sendiri dapat mengurangi nyahhidrat dan memperlancar peredaran darah.Jus Pepaya memperlancar proses pencernaan dan mengatasi sembelit.

Pir
Buah Pir dapat membantu mengatasi rasa tidak nyaman pada perut seperti kembung akibat kadar asam lambung yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi,berminyak dan pedas.

Nanas
Kandungan Enzim broealin dalam nanas melarutkan lendir yang pekat dalam sistem pencernaan sehingga mampu memusnahkan bisul kalau sekiranya ada.Masakan yang dihidangkan menggunakan 250 gram nanas yang diiris,60 gram cincangan daging ayam dan lada secukupnya kemudian di goreng dapat mengatasi penyakit tekanan darah rendah dengan masalah lemah anggota kaki dan tangan.

Kurma
Kandungan gula Kurma ynag tinggi membuat kurma menjadi buah yang menghasilkan tenaga.Kandungan gula Kurma membantu menyembuhkan luka.Hati-hati kepada yang mempunyai penyakit Diabetes atau kencing manis.

Tomat
Jus Tomat segar membantu pembentukan glycogen dalam organ tubuh dan mencairkan kekentalan darah.Menurut penelitian bahwa jus tomat seimbang dengan fungsi organ besar yang besar dan cepat.Ini bermakna membantu stamina tubuh dan menyehatkan badan.Kandungan garam dan mineral dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang air liur menjadikan proses pencernaan lebih baik.Mengkomsumsi tomat secara teratur dapat mengobati penyakit anoreksia(kehilangan nafsu makan).

Lychee
Mengandung Protein,lemak,Vitamin C,Fosfor dan Zat besi.Buah lychee juga banyak mengandung sukrosa dan glukosa.Bila dikonsumsi malam hari dapat menambah tenaga pada saat keesokan harinya.
Sumber majalah Sedap edisi Malaysia
Enhanced by Zemanta

Comment Terbaru