Laman

Donat ala Gembil

Donat adalah makanan cemilan yang bisa membuat cepat kenyang.Entah kenapa tiap kali melihat Donat saya ingin mencobanya Ingin merasakan ke 'empuk'.kannya.Memang enak tapi untuk yang mempunyai penyakit Diabetes sebaiknya berhati-hati jangan terlampau banyak gulanya.Donat tanpa gulapun terasa sedap karena akan terasa aroma asli dari Donat.Setelah cari sana-sini akhirnya saya berhasil mendapatkan resep nya.Coba bikin dirumah dan hasilnya wuah...! empuk gak kalah sama yang di toko.Nah ini dia resepnya

Bahan-bahan :
  • 1.....kg. Tepung Terigu/Gandum
  • 11.. gram yeast instant
  • 50 ..gram  mentega/margarine
  • 1.....butir Telur Ayam(dikocok sebentar putih dan kuning telur bercampur)
  • 100 gram Gula Pasir
  • 2 ....sdt Baking Powder
  • 50 ml (3 sdm) Susu Kental Manis 
  • 500 ml air( jangan pas pas banget)

Cara Membuatnya :
  1.  Campur semua bahan kering seperi Tepung Terigu,Yeast Instant,Gula Pasir dan Baking Powder
  2. Buat lubang di tengah seperti kawah dan masukkan Telur serta Susu Kental Manis,Dan aduk rata adonan mulai menggumpal.
  3. Masukkan Mentega sambil di uleni. Kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis(licin dan liat).Menguleni dengan cara ditekan ke depan dan saat memanjang lipat jadi adonan seperti di bolak balik
  4. Setelah kalis masukkan Adonnan ke dalam wadah agar bisa ditutup rapat.Tutup rapat adonan dengan menggunakan plastik atau kain bersih yang lembab.
  5. Biarkan selama 15 sampai 30 menit.Adonan akan mengembang.
  6. Setelah mengembang bagi adonan menjadi beberapa bagian kurang lebih 50 gram.Buat bulat seperti bola tapi jangan terlampau ditekan.Karena pori-pori didalam adonan akan terlalu rapat jadi waktu pengembangan yang kedua tidak memakan waktu lama..
  7. Buat lubang ditengah dan susun dalan loyang yang telah ditaburi tepung.susun jangan terlampau rapat.agar saat mengembang adonan tidak melekat dengan yang lainnya.
  8. Tutup kembali dengan plastik dan biarkan selama 20 menit
  9. Panaskan minyak jangan terlampau panas dan mulai menggoreng
  10. Masukkan donat terbalik dari loyang,tunngu hingga kecoklatan dan balik.
  11. Setelah warna donat atas bawah sama ,angkat
  12. Biarkan dingin dan boleh dioles dengan coklat,whipcream dan lain-lain,Atau cukup ditaburi dengan gula halus


Tips :
  1.  Menggoreng Donat jangan terlalu sering di bolak balik,Masukkan adonan donat, balik dan angkat itu saja
  2. Temperature minyak harus tepat,terlalu panas,kalau terlampau panas adonan bagian dalam tidak matang,dan donat cepat keras.Bila tak cukup panas donat akan menyerap minyak goreng dan ini mempengaruhi rasa.
  3. Untuk alas loyang lebih baik lagi kalau dialasi kain katun dulu dan ditaburi tepung,Agar adonan pada saat mengembang merata atas dan bawah.Selain itu mudah untuk mengangkat atau mengambil adonan pada saat mau menggoreng


Comment Terbaru