Laman

Sambal Tomat

Makan dengan sambal memang mantap.Sampai ada orang bilang makan sama sayur kangkung,ikan teri lalap petai pakai Sambal..mertua lewat tidak kelihatan..Pastilah karena mertuanya lewat belakang..He.he becanda aja.Memang betul makan kalau tidak ada sambal rasanya memang kurang mantap,kurang 'semangat' maksudnya kurang selera.Jadi memang Sambal menambah selera makan kita.

Kali ini saya tulis bagaimana membuat Sambal Tomat.sangat mudah..Siapkan bahan bahannya yaitu


Bahan-bahan
  1. 6 buah..................Cabe merah keriting atau cabe rawit........     
  2. 3 buah..................Cabe merah besar
  3. 1 siung..................Bawang Merah
  4. 1 buah..................Tomat(ukuran kecil)
  5. 1 sdt.....................Terasi/belacan
  6. 1 sdt.....................Gula Pasir
  7. 2 sdm...................Minyak Goreng
  8. Garam secukupnya
Cara membuat :
  1. Bersihkan/cuci cabe,bawang dan tomat
  2. Panaskan minyak sebentar dan goreng semua bahan seperti Cabe,Bawang dan Tomat.Goreng dengan api kecil,setelah matang angkat.
  3. Goreng Terasi/Belacan dengan sisa minyak tadi setelah agak kehitaman angkat
  4. Masukkan Cabe,Bawang,Terasi,Garam dan Gula ke dalam lumpang kecil atau bisa juga di uleg.Setelah halus masukkan Tomat haluskan.
  5. Sajikan.              


Tips :
  • Cabe Merah besar cuma untuk menambah volume isi Sambal dan dapat mengurangi rasa pedas.Kalau ingin lebih pedas Cabe Rawit/keritingnya lebih banyak dari Cabe Merah Besar.
  • Sebelum menggoreng Cabe sebaiknya Cabe dipotong-potong agar tidak meletup saat digoreng dan juga memudahkan saat menghaluskan.
  • Menggoreng Cabe minyak jangan terlalu panas karena akan menimbulkan uap atau asap yang menyengat hidung(bisa bersin-bersin nantinya)

Comment Terbaru