Laman

Nanas

Nanas dengan nama ilmiah Ananas comosus dalam bahasa Inggris disebut Pineapple. Banyak kita jumpai dijual dalam kondisi segar atau pun dalam kaleng.Sejarah perjalanan Nanas pada abad ke-16 orang Spanyol membawa nanas ini ke Filipina dan Semenanjung Malaysia, masuk ke Indonesia pada abad ke-15
Di Indonesia pada mulanya hanya sebagai tanaman pekarangan atau tanaman  hias , kemudian meluas di budidayakan di lahan kering (tegalan) di seluruh wilayah nusantara. Tanaman ini tumbuh  di daerah tropik dan sub tropik.

Adapun jenis Nanas yaitu :
  • Hilo varian Hawaii 'Smooth Cayenne' beratnya antara 1-1,5 kg 
  • Kona Sugarloaf , daging berwarna putih tanpa garis tekstur di tengah.bentuk lonjong, ia memiliki kadar gula tinggi namun tidak asam. Sudah tentu rasanya lebih manis.berat antara 2,5-3 kg.
  • Natal Queen , daging kuning keemasan, tekstur renyah dan rasa lembut ringan. Dikonsumsi dalam keadaan segar.dan matang. Daun berduri. dengan berat antara 1-1,5 kg.
  • Pernambuco  ( Eleuthera )  dengan kuning pucat untuk daging putih. Manis, banyak mengandung air dan sangat baik untuk makan segar,berat antara 1-2 kg  Daun berduri tumbuh di Amerika Latin.
  • Red Spanyol , daging kuning pucat dengan aroma menyenangkan; squarish dalam bentuk,berat antara 1-2 kg Daun berduri. Banyak tumbuh di Amerika Latin.
  • Smooth Cayenne, kuning pucat untuk daging kuning. Silinder dalam bentuk dan dengan gula tinggi dan kandungan asam.Daun tanpa duri dengan berat antara 2,5-3 kg.Biasanya diolah untuk buah dalam kaleng. Ini adalah varietas dari Hawaii, dan yang paling mudah didapat di toko-toko Amerika Serikat
Buah nanas selain dikonsumsi segar juga diolah menjadi berbagai macam makanan
dan minuman, seperti selai,dodol, buah dalam kaleng,sirup dan lain-lain. Karena rasanya yang manis sampai agak masam segar, sehingga disukai masyarakat luas.
Disamping itu, buah nanas mengandung gizi cukup tinggi dan lengkap. Buah nanas mengandung enzim bromelain, (enzim protease yang dapat menghidrolisa protein, protease atau peptide), sehingga dapat digunakan untuk melunakkan daging. Enzim ini sering pula dimanfaatkan sebagai alat kontrasepsi Keluarga Berencana.
Buah nanas bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sebagai obat penyembuh penyakit
sembelit, gangguan saluran kencing, mual-mual, flu, wasir dan kurang darah. Meskipun terasa asam buah nanas tidak berbahaya bagi penderita maag . kandungan phitochemicalnya dapat menurunkan PH tinggi hingga dapat mengontrol asam lambung
Penyakit kulit (gatal-gatal, eksim dan kudis) dapat diobati dengan diolesi sari buah
nanas. Kulit buah nanas dapat diolah menjadi sirop atau diekstrasi cairannya untuk
pakan ternak. Tak hanya buahnya saja yang berkhasiat, tetapi bagian lain dari  nanas juga berkhasiat seperti, kulit yang berfungsi untuk membersihkan  batu marmer.  Daun  nanas berfungsi sebagai piretik (penurun panas). Buah Nanas mengandung Vitamin C yang cukup tinggi atau sekitar 12 mg dalam 78 gr nanas.
Ananas comosus slicesWikipedia

Membuat selai Nanas.
  • Satu buah Nanas ( 1 kg)
  • Gula pasir           250 gram,tergantung selera boleh ditambah
  • Garam                 1 sdt.
Cara membuatnya.
  1. Kupas nanas dan bersihkan dari 'matanya',cuci bersih  dan di potong menjadi bagian yang lebih kecil.
  2. Parut Nanas tinggal kan bagian tengahnya(bonggol)dalam satu tempat
  3. Masak dengan kuali atau penggorengan aduk hingga airnya berkurang
  4. Setelah air berkurang masukkan gula pasir dan garam,aduk hingga air habis.
Catatan kalau dipakai untuk bahan isian  kue aduk hingga air kering,tapi kalau hanya untuk olesan roti atur kekentalannya(airnya jangan sampai kering).Gunakan api sedang mencegah agar jangan timbul bau seperti hangus. 
  Related Articles                           
  Nenas - ( Ananas comosus )

Comment Terbaru